Data Ekonomi Mengecewakan,Harga Minyak Turun   Leave a comment

VIVAnews – Sejumlah data mengecewakan atas perkembangan ekonomi AS mengakhiri reli harga minyak mentah yang telah berlangsung selama tiga hari di bursa New York. Harga pun merosot dari US$77/barel.

Menurut laman harian The Wall Street Journal, berdasarkan transaksi Kamis sore waktu New York (Jumat dini hari WIB), harga minyak mentah untuk kontrak Juli turun 88 sen (1,1 persen) menjadi US$76,79/barel. Padahal, dalam tiga hari sebelumnya, harga minyak naik 5,3 persen atau US$3,89/barel.

Menurut pengamat, penurunan harga minyak mentah tak lepas dari kekecewaan para trader atas data-data terbaru ekonomi AS, yaitu di sektor tenaga kerja dan manufaktur regional.

Jumlah pemohon baru tunjangan pengangguran per pekan lalu naik 12.000 menjadi 472.000 orang. Padahal, para ekonom yang disurvei Dow Jones memperkirakan penurunan jumlah sebesar 6.000 orang.

Selain itu, data dari Bank Sentral Philadelphia menunjukkan bahwa indeks manufaktur regional Mei lalu turun, dari 21,4 poin pada bulan sebelumnya menjadi 8 poin. Para trader was-was bahwa penurunan tajam iitu menunjukkan bahwa proses pemulihan ekonomi di sejumlah wilayah di AS tengah melemah.

Sehari sebelumnya, investor sudah kecewa dengan naiknya stok minyak mentah di AS, yang tidak diperkirakan sebelumnya. Menurut laporan mingguan Departemen Energi AS, persediaan minyak mentah di AS per pekan lalu naik 1,7 juta barel. Padahal, para pengamat memperkirakan penurunan sebesar 1,3 juta barel di tengah naiknya impor dan turunnya produksi kilang-kilang lokal.

Posted 18 Juni 2010 by lambrados in Economy

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Content:

  • Meta

  • %d blogger menyukai ini: